Blog

Blog

Mengenal Mangga Podang yang Kaya Manfaat bagi Tubuh

Artikel ini dibuat tanggal 08 Desember 2020

blog image

Herbacore.id - Siapa yang tidak kenal dengan buah mangga? Ya, buah mangga memang sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis, lezat dan segar. Di Indonesia sendiri, banyak sekali varian buah mangga yang berbeda-beda bahkan di tiap wilayah pun memiliki jenis mangga sendiri. Seperti mangga podang. Mangga podang dikenal berasal dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Warna kulit kuning dengan sedikit bintik merah didekat pangkal dahannya, menjadi ciri khas dari mangga podang. Aromanya yang khas mengundang selera dan segar apabila didekati. Rasanya pun manis meski tanpa gula.  

Jika pohon mangga lainnya butuh jumlah air yang rumayan cukup banyak untuk dapat hidup subur, berbeda halnya dengan mangga podang. Mangga podang dapat tumbuh subur ketika sinar matahari dalam keadaan yang terik. Dan jika tanaman mangga podang ini, terlalu banyak menerima pasokan air, malah akan membuatnya menjadi busuk kemudian mati. Sehingga masa panen mangga podang yang satu ini, biasanya dilakukan pada waktu musim kemarau. Lalu apa saja kandungan nutrisi yang ada pada mangga podang?

Kandungan Nutrisi Mangga Podang

Rasanya yang manis dan asam membuat mangga podang kaya akan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Selain itu, mangga podang juga diyakini mengandung sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin. Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi yang meliputi protein, lemak, gula, serat, vitamin (vitamin A, B1,B2, C) serta air yangmelimpah.

Manfaat Mangga Podang bagi Kesehatan

  1. Menangkal Radikal Bebas

Banyaknya kandungan antioksidan didalam buah ini, menjadikan buah ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Kandungan lain seperti vitamin C, fenol serta enzim yang berada didalam buah mangga ini,memiliki sifat anti karsiogenik yang tinggi, sehingga mampu menjaga tubuh dari resiko kerusakan yang sebabkan oleh sel-sel kanker.

  1. Mencegah Kanker

Mangga podang mempunyai kandungan beta crytoxanthin. Yang mana kandungan ini dipercaya menjadi salah satu penumpas kanker di dalam tubuh. Dan kandungan antioksidan yang berada didalam buah ini, juga cukup tinggi, sehingga dapat mencegah resiko penyebaran kanker.

  1. Menekan Kolesterol Jahat

Mangga podang mampu menjaga sistem pencernaan tubuh dan menjaga kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah mangga podang cukup tinggi sekitar 7 gram setiap buahnya. Efek dari penurunan kadar kolestrol jahat ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Kolestrol jahat di dalam tubuh dapat membuat munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah mangga podang yang perlu kamu ketahui. Buah mangga ini sangat aman jika ingin dikonsumsi secara rutin tak hanya buahnya saja, kamu juga bisa mengkonsumsi ekstrak buah mangga podang dari Herbastory untuk bantu jaga kesehatanmu.

 

Sumber:

https://www.kaskus.co.id/thread/536d7dc00f8b46b6088b456e/mangga-podang-buah-mangga-khas-kediri-jawa-timur/

https://www.cekmanfaat.com/2017/10/manfaat-mangga-podang.html

Hubungi Kami


Silahkan isi formulir di bawah ini untuk mengirimkan pesan kepada kami.
Atau anda bisa juga memilih untuk menulis email kepada kami di
marketing@herbacore.id